Perhatikan Bahasa Tubuh Ketika Presentasi

Asalasah ~ Bahasa tubuh merupakan salah satu cara untuk berinteraksi pada lawan bicara. Saat melakukan presentasi, bahasa tubuh Anda pun 'berbicara' lewat wajah dan gerakan tangan untuk mengekspresikan diri kepada penonton.

Namun tidak semua pemakaian bahasa tubuh bermanfaat saat presentasi. Penggunaan bahasa tubuh terlalu banyak dan berlebihan dapat mengganggu pemandangan. Untuk dapat menggunakan bahasa tubuh dengan sempurna, simaklah tips berikut,

1. Gerakan Tubuh dan Ekspresi Wajah
Untuk tampil percaya diri selama presentasi, gunakanlah bahasa tubuh yang positif. Misalnya gerakan tangan yang tidak terlalu berlebihan dan juga ekspresi wajah yang menunjukkan antusiasme Anda dalam menjelaskan materi. Dengan cara itu Anda dapat mengekspresikan diri dengan mudah kepada audiens.

2. Kontak Mata
Kontak mata dengan audiens merupakan hal yang penting dilakukan selama presentasi. Hal ini menunjukkan keyakinan dan membuat pendengar Anda terlibat dalam sebuah materi yang sedang dijelaskan.

3. Berpakaian yang Rapi
Dalam melakukan presentasi, Anda akan berdiri di depan para audiens yang terdiri dari rekan kerja, bos dan juga klien. Tentunya Anda ingin tampil sempurna di depan mereka. Untuk mengatasinya, bukan hanya menguasai materi yang akan dipresentasikan saja tetapi juga profesional dalam berpenampilan. Oleh karena itu, kenakanlah pakaian yang rapi dan sesuai. Asalasah

Sumber

0 comments: