Terbiasa Makan dengan Porsi Besar? Ini Cara Menguranginya

img
Terbiasa makan dengan porsi besar? Waspadalah tubuh Anda akan mengasup kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan. Banyak orang merasa tidak kenyang makan dengan porsi kecil, karena perut mereka yang terbiasa 'dijejali' banyak makanan serta minuman.

Padahal, untuk menurunkan berat badan Anda juga harus mengurangi atau menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan. Bagaimana cara memangkas porsi makanan besar yang sudah biasa diasup sehari-harinya? Ikuti lima trik yang dikutip dari She Knows berikut ini.

Lihat dalam beberapa hari ke depan; tubuh, perut dan pikiran Anda akan terlatih dengan porsi kecil. Hidup pun akan jauh lebih sehat.

1. Buat Masakan Dalam Jumlah Sedikit
Ketika Anda membuat santapan makan malam, jangan terlalu banyak memasukkan bahan serta bumbu pada masakan. Periksa takaran resep masakan dan tidak menambahkannya. Jika di sana tertulis satu pon dada ayam, maka Anda sebaiknya tidak menambahnya menjadi dua pon. Jika ada anak atau anggota keluarga lainnya yang masih lapar setelah makan, cukup buatkan sandwich dari roti gandum.

2. Ukur Takaran Makanan
Coba untuk menakar pada makanan Anda. Misalnya, tempatkan dulu pasta atau nasi ke dalam cangkir sebelum diletakkan ke atas piring. Hal ini juga berlaku untuk lauk serta sayur. awalnya, mungkin Anda merasa porsi makanan terlalu sedikit tapi lama kelamaan akan terbiasa dengan porsi kecil yang pas. Perlu diketahui, tujuh sendok makan nasi bersama satu mangkok sayur, sepotong daging dan buah sudah mengandung 500 kalori. Sementara kecukupan kalori adalah 2.000 per hari. Bila Anda makan tiga kali dalam sehari, kalori yang masuk sebesar 1.500. Belum lagi camilan dan minuman manis yang Anda makan setiap harinya. Jadi, perhatikan selalu porsi makan!

3. Pakai Piring Ukuran Kecil
Trik ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis untuk mengakali porsi makan. Jika biasanya Anda menggunakan piring nasi yang besar, coba ganti dengan piring salad berukuran kecil. Sedangkan untuk memakan hidangan penutup, Anda bisa memakai piring visine (tempat menaruh cangkir kopi). Piring yang lebih kecil akan memberi ilusi kalau piring Anda penuh dengan makanan, sehingga makanan yang diambil pun lebih sedikit.

4. Memindahkan Camilan ke Dalam Kantong Kecil
Jika ngemil adalah hobi Anda, maka trik yang harus dilakukan adalah memindahkan sebagian camilan dari kemasan dan ke kantong plastik yang lebih kecil. Jika tidak ingin menggunakan plastik, pindahkan camilan ke wadah berukuran kecil. Snack tersebut bisa Anda bawa kemanapun dan tentunya menghindari over-grabbing yang biasa Anda lakukan.

5. Minum Segelas Besar Air Putih
Kapanpun Anda makan baik itu sarapan, makan malam atau sekadar makan camilan, minumlah segelas air putih sebelumnya. Cara ini akan membantu Anda merasa sedikit kenyang dan pastinya otak Anda akan mengirim sinyal pada mulut untuk tidak mengunyah makanan terlalu banyak.

6. Letakkan Timer di Meja Makan
Tiap kali Anda duduk untuk makan pastikan bahwa Anda sangat menikmati makanan tersebut. Kunyah makanan Anda kurang lebih 30 detik dan tunggu satu menit sebelum Anda mengambil gigitan berikutnya. Coba rasakan tekstur dan bumbu makanan saat Anda mengunyah, itu akan membantu Anda menghabiskan waktu. Lalu, Anda pasti akan merasa kenyang bahkan sebelum makanan itu habis! (wolipop.com)

Like yah ^_^ mksh

0 comments: