Zuckerberg Lebih Kaya Daripada Pendiri Google

Asalasah ~ Facebook akhirnya telah melantai di bursa. Meski debutnya banyak yang bilang mengecewakan, lantaran lonjakan nilai sahamnya cuma sesaat. Namun situs jejaring sosial ini sukses menerbangkan sang pendirinya -- Mark Zuckerberg -- jadi semakin kaya raya. Bahkan mengalahkan dua pendiri Google.

Seperti diketahui, IPO membuat valuasi Facebook mencapai USD 104 miliar, setelah menangguk dana segar USD 16 miliar dari penjualan perdana sahamnya di Nasdaq.

Sementara Zuck, sapaan Mark Zuckerberg, pastinya ikut kecipratan dana yang masuk tersebut. Dilansir dari Bloomberg Billionaires Index, sang pemuda 28 tahun saat ini ditaksir memiliki kekayaan sekitar USD 19,1 miliar.

Dengan harta sebanyak itu, Zuck sukses mengalahkan kekayaan pebisnis internet lainnya, yakni duo pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin. Menurut Bloomberg, keduanya memiliki kekayaan sebanyak USD 18,4 miliar dan USD 18,3 miliar.

Namun apa Zuck melihat hal ini sebagai suatu prestasi? Menurut penulis buku 'The Facebook Effect', David Kirkpatrick, sepertinya hal itu bukan sifat Zuck. "Zuckerberg tidak terlalu memikirkan seberapa banyak kekayaannya," tukasnya.

"Ini merupakan sukses bersama dan untuk semua orang. Jadi tidak sebaliknya, bukan untuk dia (Zuckerberg-red.) seorang," lanjut Kirkpatrick

Pun demikian, Zuck masih kalah tajir dari Bill Gates. Pendiri Microsoft itu berada sebagai runner up di jajaran orang terkaya di dunia dengan harta yang ditaksir mencapai USD 59,1 miliar. Adapun posisi pertama masih dipegang oleh pebisnis telekomunikasi asal Meksiko, Carlos Slim Helu dengan kekayaan mencapai USD 65,5 miliar.

Sumber

0 comments: