Empat Sayuran Penghilang Rasa Panik

Empat Sayuran Penghilang Rasa Panik
Kehidupan sehari-hari memang seringkali membuat kita rentan dengan kepanikan, yang biasanya berujung dengan kondisi stres. Bila Anda kurang cerdas menanganinya, stres tersebut kemungkinan besar bisa bertambah parah yang akhirnya akan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Kini Anda tak perlu merasa khawatir lagi untuk mengatasinya. Selain harus lebih sering melakukan kegiatan yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks, Anda juga bisa mengatasi rasa panik dengan mengubah pola makan Anda.

Sayur-mayur yang mudah dijumpai disekitar kita ternyata cukup ampuh dan bisa menjadi sahabat di kala rasa panik dan stres mulai melanda. Medicmagic (31/5) memberitahukan 4 macam sayuran yang bisa berfungsi untuk mengatasi stres dan rasa panik.
Berikut adalah keempat sayuran tersebut

Bayam
Jumlah mikronutrisi dalam sayuran hijau sangatlah tinggi, termasuk vitamin A, vitamin K dan folat, serta mangan dan zat besi. Salah satu vitamin yang tinggi jumlahnya di bayam adalah vitamin C, yang mampu mengurangi stres yang kerap mengganggu.

Ketika Anda mengalami stres, kelenjar adrenal, dimana hormon stres tersimpan akan mengalami kehilangan vitamin C dengan cepat. Nah, mengonsumsi bayam bisa menggantikan vitamin yang hilang tersebut. Jadi, saat Anda stres, cobalah untuk makan bayam yang terbukti menyediakan lebih banyak nutrisi. Jika Anda kurang menyukainya, Anda bisa menyulap bayam segar dengan sedikit kreatifitas.

Brokoli
Ketika Anda stres, tubuh akan mengalirkan hormon yang dapat memengaruhi mood Anda. Sayuran hijau bisa memproduksi serotonin, hormon yang dapat mengendalikan, menenangkan dan menyeimbangkan perasaan dan pikiran Anda.

Selain jeruk, vitamin C juga bisa ditemukan di brokoli. Tak hanya itu, vitamin A juga banyak terkandung dalam sayuran hijaunya yang bertanggung jawab untuk mengatur stres sehari-hari.

Ketika mood Anda kacau, brokoli siap memperbaikinya. Sayuran super ini akan membantu menggantikan nutrisi yang hilang. Anda boleh menyantapnya dengan tambahan saus atau menggorengnya dengan tepung.

Asparagus
Antioksidan dan vitamin menjadi faktor penting untuk mengusir stres dan panik. Dan asparagus termasuk sayuran yang tinggi antioksidan. Asparagus juga mengandung tritofan, asam amino yang penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin.

Menurut Julia Ross, penulis The Mood Cure', kekurangan serotonin dapat menyebabkan timbulnya rasa panik. Tritofan dalam asparagus dapat membantu kita mendapatkan tidur berkualitas dan menjaga mood.

Seledri
Kemampuan seledri untuk menurunkan tekanan darah telah terbukti sejak lama. Nah, Anda juga mesti tahu kegunaan seledri lainnya, yaitu membuat Anda merasa tenang.

Seledri mengandung phthalides, senyawa yang dapat membuat otot-otot arteri menjadi lebih rileks. Senyawa ini mengatur aliran darah yang memungkinkan pembuluh darah membesar, sehingga mengurangi tekanan darah. Gejala seperti ini sering sekali terjadi saat seseorang mengalami stres.



Sumber
Cara mudah dan ampuh serta cara jitu untuk mengatasi stress dan rasa panik yang sering mengganggu
9out of 10 based on 211122 ratings. 9 user reviews.

0 comments: