Inilah Asal-usul nama Gunung Padang

Inilah Asal-usul nama Gunung Padang - Ketika pertama kali mendengan Situs Gunung Padang? Banyak orang mengira posisi situs ini di kota Padang Sumatera Barat. Ternyata situs ini, sekalipun bernama Gunung padang ia terdapat di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

asal-usul gunung padang

Gunung Padang berada di 50 kilometer dari Kota Cianjur. Lantas mengapa namanya padang? Menurut Ahmad Samantho, penulis buku "Peradaban Atlantis Nusantara" bahwa asal usul nama Gunung Padang berasal dari..
- Pa = Tempat
- Da = Besar / Gede / Agung / Raya
- Hyang = Eyang / Moyang / Biyang / Leluhur Agung
Jadi arti kata "Padang" itu adalah Tempat Agung para Leluhur atau boleh jadi maknanya Tempat para Leluhur Agung.

Keberadaan nilai "padang" di gunung Padang tidak terlepas dari keberadaan Parahyang yang berpusat di Jawa Barat, dengan demikian gunung Padang merupakan bagian dari Parahyang yang artinya adalah;
- Pa = Tempat
- Ra = Matahari
- Hyang = Eyang / Moyang / Biyang / Leluhur Agung
Lebih kurang maknanya (maksudnya) adalah "Tempat Leluhur Matahari" atau "Tempat Leluhur bangsa Matahari" yang ditandai dengan adanya pura agung Gunung Parang (Pa-Ra-Hyang) di Jati Luhur – Purwakreta. Diduga seluruh bentuk gerbang pura dan gerbang keratuan (keraton) Nusantara yang ada pada saat ini mengacu kepada bentuk dasar Gunung Parang di Jati Luhur – Purwa Kreta ini (?)… (*perlu diteliiti lebih lanjut).

Manusia Atlantis dan piramida sempat dikait-kaitkan dengan Situs Gunung Padang, Cianjur. Tapi soal Atlantis dan piramida itu tegas ditepis Ketua Masyarakat Sejarawan Jawa Barat, Nina Herlina. Dia yakin, situs Gunung Padang merupakan situs megalitikum berupa punden berundak seperti halnya di wilayah lain di Nusantara.
Gunung di mata masyarakat Indonesia adalah tempat yang suci.

0 comments: