Kata Bijak hari Ini "Menghafal" 5 Juli 2012

Kata Bijak hari Ini "Menghafal" 5 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi Kata Bijak hari ini 5 Juli 2012 denga tema "Menghafal", dimana sebelumnya kami juga telah membagi kata bijak 3 Juli 2012 yang bertema "salah".

Kata bijak hari ini, kami ambil dari perkataan seorang pemikir dan pejuang Indonesia yaitu Tan Malaka. berikut kata bijak hari ini 5 Juli 2012 :

"Kebiasaan mengapal itu tiada menambah kecerdasan, malah menjadikan saya bodoh, mekanis, seperti mesin, Yang saya ingat bukan lagi arti sesuatu kalimat, melainkan bunyinya."

Ulasan Menurut Blog PIB :

Sewaktu sekolah sering sekali kita disuruh menghafal pelajaran, apalagi sewaktu hendak ujian, maka kita pasti dengan serius mengafal atau juag dikenal dengan "luar kepala"

Banyak orang mengetahui tapi tidak memahami, inilah akibat dari menghafal, seyogianya, kita semestinya memahami sesuatu bukan hanya mengetahui.

Contoh : A seorang yang menghapal negara dan ibu kota negara-negara di dunia beserta benua.  A sudah menghapal dan mengingatnya, sewaktu ditanya, Ibu Kota Indonesia apa ? si A menjaawab dengan lantang Jakarta, kemudian ditanya lagi di Benua manakah Indonesia berada ? maka kemungkinan si A menjawab benar  hanya 20 %, dari 6 Kemungkinan.

Jadi si A hanya akan benar jika yang ditanya sesuai dengan apa yang dihapalnya " Sama bunyi", jika ditanya yang berhubungan dengan yang dihapal, maka kemungkinan dia menjawab benar, kecil sekali.

Jadi, jika kita sudah mengetahui, pahamilah dan kembangkanlah apa yang kita ketahui itu, sehinggga kita dapat bergerak lebih maju.

Demikianlah kata bijak hari ini 5 Juli 2012, semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia bLog PIB. Sekian dan terimakasih.