Kata Bijak hari Ini "Orang Kecil VS Orang Besar" 8 Juli 2012

Kata Bijak hari Ini "Orang Kecil VS Orang Besar" 8 Juli 2012 - Blog PIB kembali membagi Kata bijak hari ini 8 Juli 2012 dengan tema "Orang Kecil vs Orang Besar". Sebelumnya Blog PIB juga telah membagi Kata bijak 5 Juli 2012 dengan tema "menghafal".

Inilah Kata bijak tentang "Orang Kecil vs Orang besar", beserta ulasannya :

"Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan"

Ulasan kata bijak menurut Blog PIB:

Kata bijak diatas ada kemiripan dengan pepatah "Walau jelek, milik sendiri", namun kata bijak diatas lebih menonjolkan sikap kesederhanaan dan kerendahan hati seseorang.

Pada umumnya orang yang tinggi hati atau sombong akan selalu lapar dan  kekurangan akan hal-hal duniawi, dan menganggap orang yang lain dinggapnya lebih rendah. ia lupa bahwa "diatas langit masih ada langit, sehingga dia hanya "berlagak"menjadi orang besar, karena apapun di dunia ini hanya sementara dan dalam hitungan detik bisa saja lenyap. Jadi pantaskah kita menggap diri orang besar ?

Berbeda dengan orang kecil yang berkerja untuk diri sendiri, menggambarkan kesederhanaan, rasa syukur dan kerendahan hati.

"Orang yang bekerja untuk diri sendiri" maksudnya disini adalah orang tidak "serakah" ataupun selalu lapar akan kebesaran sehingga hidupnya "tidak susah melihat orang senang, dan tidak senang melihat orang susah".

Kata bijak diatas juga dapt kita maknai gambaran " Wiraswasta" dengan "Pekerja" dimana seorang wiraswasta berkerja untuk diri sendiri sedangkan "pekerja" berkerja untuk orang lain.

Proklamator RI, Soekarno pernah berkata indonesia harus "Berdikari" berdiri dikaki sendiri, jangan menjadi anjing kapitalisme apalagi sampai menjadi jajahan neoimperialisme.

Kata bijak diatas juga dapat digambarkan dengan keadaan Indonesia saat ini, kita menjadi salah satu anggota G-20 dengan pertumbuhan Ekonomi yang bagus, namun rakyatnya masih banyak yang "lapar", Lapar akan kekuasaan, laparkan akan harta ( Korupsi ), dan paling ironis, banyak sekali rakyat kelaparan karena hidup miskin dan lapar pekerjaan karena kurangna lapangan kerja (Pengangguran).

jadi untuk apa menjadi orang besar jika kita "kekurangan", bukankah kita lebih baik menjadi orang kecil tapi "berkecukupan" ? *Don Sisco S H

Demikianlah Informasi Kata bijak tentang Orang Kecil vs Orang Besar, semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada para pengunjung setia blog PIB. Sekian dan terimakasih.